TENTANG CBS DAN ISS
Click Me!

Minggu, 14 Juli 2013

TENTANG CBS DAN ISS

TENTANG CBS DAN ISS

 

CBS (Combi Brake Sistem)

CBS atau singkatan dari COMBI BRAKE SISTEM adalah sistem pengereman yang mengkombinasikan rem belakang dan depan dengan hanya menekan tuas/pedal rem belakang.

Jadi cukup dengan menarik rem kiri pada motor matic tersebut maka pengereman roda depan dan belakang langsung bekerja. Rem kanan tetap dipakai untuk pengereman roda depan.

Untuk menghentikan sepeda motor dalam jarak pendek rem depan harus dilakukan dengan lebih kuat daripada rem belakang. Namun banyak pemula dan pengendara yang belum berpengalaman hanya memakai rem belakang. Untuk itulah, dengan adanya system pengereman CBS ini maka tingkat keamanan pengendara akan lebih terjaga.


Catatan : Pada umumnya motor matic, rem kanan untuk pengereman roda depan sedangkan rem kiri untuk pengereman roda belakang. CBS mengkombinasikan keduanya dengan cukup tarik rem kiri maka pengereman roda depan dan belakang bekerja, sedangkan rem kanan tetap dipakai untuk menambah kekuatan pengereman roda depan sehingga lebih aman.

 





ISS (Idling Stop Sistem)

ISS atau singkatan dari IDLING STOP SISTEM 

Biasanya, setelah anda menghidupkan mesin, ia mengkonsumsi bahan bakar sampai anda mematikannya. Dengan kata lain, ia membakar gas perlu di lampu lalu lintas dan berhenti singkat lainnya.

ISS (Idling Stop Sistem) otomatis mematikan mesin di lampu lalu lintas dan berhenti singkat lainnya, mengurangi pemborosan konsumsi bahan bakar.

Ketika Idling Stop Sistem diaktifkan, secara otomatis mematikan mesin dan untuk menghidupkannya anda hanya tinggal menarik handle gas. Hal ini tentunya akan lebih menghemat konsumsi bahan bakar dibanding dengan ketika sistem sedang tidak beroperasi.

Konfigurasi Sistem


Syarat ISS (Idling Stop Sistem) bekerja adalah :

1. Saklar ISS pada posisi Idling Stop ( seperti gambar diatas )

2. Temperatur mesin melebihi suhu 60 derajat celcius

3. Motor telah mencapai kecepatan melebihi 10 km/jam

4. Handle gas pada posisi tertutup penuh

5. Motor dalam kondisi berhenti setidaknya 3 detik

Catatan : Anda bisa mengaktifkan atau me-non aktifkan fitur ISS ini. Pada posisi saklar di Idling maka ISS tidak bekerja. Pada posisi Idling Stop maka ISS bekerja dengan syarat dan ketentuan seperti keterangan diatas.